Tutup Kegiatan Refreshment dan Sertifikasi Pelatih PKAD, Sesditjen Bina Pemdes Harap Pelatih Bisa Menularkan Ilmunya Kepada Aparatur Desa

Jakarta – Kegiatan Refreshment Pelatih Pengembangan Kapasitas Aparatur Desa dan Sertifikasi Pelatih Aparatur Pemerintah Desa Tahun 2023 ditutup secara resmi oleh Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kemendagri, Paudah mewakili Dirjen Bina Pemdes Eko Prasetyanto Purnomo Putro, Kamis (22/6/2023), di Hotel El-Royal Jakarta.

Dalam sambutannya, Paudah berharap kegiatan yang telah dilaksanakan selama dua minggu ini dapat menghasilkan output yang lebih baik di daerah.

“Besar harapan kami kepada bapak dan ibu, dengan kapasitas yang dimiliki saat ini tentunya akan mampu meningkatkan pengetahuan keterampilan dan membawa perubahan sikap kerja, yang nantinya diharapkan dapat membentuk sikap kerja ideal bagi aparatur desa melalui aplikasi pembelajaran yang telah diikuti. Termasuk harapannya adalah bagaimana bapak dan ibu dapat melakukan pembinaan dan pendampingan dengan membuka ruang-ruang diskusi kepada pemerintahan desa,” ungkap Paudah.

Selain itu, dirinya juga menekankan kepada para tenaga pelatih yang telah mengikuti kegiatan ini agar dapat meningkatkan kemampuan yang dimiliki dan membagikan pengalaman yang didapat selama kegiatan kepada penyelenggara pemerintahan lainnya.

“Hal yang penting lainnya adalah kemampuan bapak dan ibu, dalam mengelola data dan informasi juga, harus dilakukan melalui evaluasi yang memadai antar sesama master pelatih, baik terkait berbagi pengalaman di daerah maupun berbagai kemampuan praktis yang melatih dan menguasai audien dan tentu saja berbagi pengalaman ini akan tercipta best praktis dan dalam pengelolaan tata pemerintahan aparatur desa sendiri,” ujarnya.

Tidak lupa pada akhir sambutannya Sesditjen Bina Pemdes mengucapkan terima kasih dan apresiasinya kepada seluruh peserta yang hadir mewakili lembaga dan pemerintahan.

“Bapak dan ibu hadirin yang kami hormati, sekali lagi atas nama penyelenggara tentu dalam kesempatan ini mewakili panitia, kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak dan ibu sekalian, kegiatan ini tidak akan bermakna tanpa kehadiran bapak dan ibu. Dan tentu saja kita semua pantas bersyukur, bahwa kita adalah orang-orang terpilih untuk nanti akan memberikan, pengetahuan dan keterampilan lanjutan, kepada peserta (ToT) untuk pelatih dan juga, kepada peserta pelatihan yang akan berlangsung dalam waktu dekat,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *