Perkuat Informasi dan Komunikasi, Ditjen Bina Pemdes Kemendagri Jalin Kerjasama Dengan RRI

Jakarta – Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) dan Radio Republik Indonesia (RRI) mengumumkan perjanjian kerjasama yang baru saja ditandatangani di kantor RRI Jakarta, Jumat (23/6/2023). Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan akses informasi dan komunikasi antara pemerintah desa dan masyarakat melalui media penyiaran.

Perjanjian kerjasama ini didasarkan pada pemahaman bersama tentang pentingnya peran media penyiaran dalam memberikan akses informasi yang luas dan cepat kepada masyarakat desa. Melalui kerjasama ini, Ditjen Bina Pemdes dan RRI akan saling mendukung dan memperkuat upaya mereka untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam proses penyelenggara pemerintahan dan pembangunan desa.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemdes Eko Prasetyanto Purnomo Putro berharap dengan adanya kerjasama ini segala informasi dapat lebih diterima oleh teman-teman di desa dalam rangka membangun desa yang ada di Indonesia.

“Kami berharap dengan penandatanganan ini, kita bisa akan bekerja lebih optimal lagi, untuk kemajuan bangsa dan negara yang kita cintai. Kerjasama dengan RRI ini kami harapkan ke depan, segala informasi dapat bisa lebih diterima oleh teman dari desa, untuk dalam rangka membangun desa yang ada di Indonesia ini,” ungkap Eko.

Lebih lanjut Eko mengatakan, untuk yang berada di kota-kota, dapat ikut memberikan saran dan hal-hal lain yang dapat berguna untuk kemajuan di desa.

“Kami juga berharap dengan kerjasama ini, kita selaku Diaspora-diaspora, yang sudah berhasil yang ada di kota, bisa kembali untuk ingat kepada desanya, dan bisa memberikan sumbang sarannya, pikirannya, kemudian hal-hal yang lain, yang bisa berguna untuk kemajuan desa-desa, ” ujar Eko.

Direktur Utama RRI I. Hendrasmo mengungkapkan, kolaborasi hari ini merupakan agenda penting, karena RRI dan Ditjen Bina Pemdes memiliki tugas untuk mendorong pengembangan kapasitas, serta pemberdayaan masyarakat desa.

“Kita ingin menindaklanjuti dengan berbagai program kita, yang tentu saja orientasinya adalah untuk memajukan desa. Karena kita melihat ini penting, dan kita punya kewajiban juga untuk mendorong pembangunan desa,” ujarnya.

Melalui kerjasama ini, Ditjen Bina Pemdes dan RRI berharap dapat mencapai hasil yang lebih baik dalam memberikan pelayanan dan informasi kepada masyarakat desa. Perjanjian kerjasama ini juga sejalan dengan komitmen pemerintah dalam membangun pemerintahan desa yang inklusif, transparan, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *