Bangga Atas Kompetensi Pelatih, Dirjen Bina Pemdes Yakin Pelaksanaan Pemerintahan Desa Lebih Baik

Jakarta – Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kemendagri, Eko Prasetyanto Purnomo Putro merasa bangga kepada para pelatih atas kompetensi yang dimilikinya sehingga dapat melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan desa lebih baik.

Hal ini diungkapkan Eko pada saat melakukan asesmen dengan mewawancarai para tenaga pelatih di kegiatan Refreshment Pelatih Pengembangan Kapasitas Aparatur Desa dan Sertifikasi Pelatih Aparatur Pemerintah Desa, Kamis (22/6/2023), di Jakarta.

“Pada hari ini, kita telahf menguji kompetensi, bagi beberapa refreshment pelatih yang ada. dan ternyata kompetensi yang dimiliki, cukup membanggakan, membahagiakan, karena mereka bisa menerangkan dengan jelas, tugas mengenai penyelenggaraan pemerintahan desa,” ungkapnya.

Nantinya, sebanyak 320 tenaga pelatih yang di asesmen oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Pemerintahan Dalam Negeri (LSP-PDN) BPSDM Kemendagri akan melakukan pelatihan di beberapa daerah. Para tenaga pelatih yang di asesmen ini berasal dari Ditjen Bina Pemdes, Balai Pemdes Kemendagri, Dinas PMD Provinsi, hingga Kabupaten/Kota.

Kegiatan ini merupakan upaya Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemdes melalui Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) untuk mempersiapkan berbagai pelatihan-pelatihan yang akan dilaksanakan di 33 provinsi.

“Kami berharap bahwa yang dimiliki pelatih-pelatih yang ada ini bisa memberikan sumbang saran, bisa memberikan optimalitas pelatihan bagi (ToT) dan pelatihan di 33 provinsi yang akan datang,” ujar Eko.

Lebih lanjut, Eko berharap proses ini dapat terus berlanjut secara baik, sehingga para tenaga pelatih dapat mempelajari modul-modul dan regulasi yang telah ada.

“Kami berharap proses ini terus berlanjut, belajar terus-menerus, baik mempelajari modul-modul yang ada beserta dengan regulasi yang ada, sehingga pelatihan ini bisa berjalan dengan lebih baik dan lancar,” ungkap Eko.

Sementara itu, salah satu perwakilan tenaga pelatih yang berasal dari Kabupaten Padang Pariaman Deded Permana sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini sebagai bahan acuan dia untuk melaksanakan tugas serta pembinaan di daerah.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena menjadi bekal bagi kami dalam melakukan pembinaan bagi nagari (desa) kami, di kabupaten nantinya,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *