Rangkaian Rakorda, Disdukcapil Kota Bontang Jemput Bola di Kampung Malahing

Bontang – Setiap tahun Dinas Dukcapil Provinsi Kalimantan Timur menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Forum Penyelenggaraan Dukcapil Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur. Tahun ini bertindak sebagai tuan rumah Rakorda Dukcapil Kaltim, adalah Disdukcapil Kota Bontang, bertempat di Pendopo Rumah Jabatan Walikota Bontang, Kamis (16/3/2023) malam.

Salah satu rangkaian kegiatan Rakorda diadakan kejuaraan bulu tangkis dan juga kegiatan jemput bola “Plesiran” alias Pelayanan ke Pesisir Pembuatan Dokumen Kependudukan. Plesiran digelar oleh Dinas Dukcapil Kota Bontang di Kampung Ekowisata Malahing, sebuah permukiman warga yang berada di pesisir Kota Bontang, tepatnya di Kelurahan Tanjung Laut Indah, Kecamatan Bontang, Kaltim, Sabtu (18/3/2023).

Menurut Koordinator Wilayah III Ditjen Bintur Mensuseno, yang mengkoordinasikan kegiatan jemput bola Plesiran, Kampung Malahing berada di tengah-tengah Teluk Bontang, seluas 5 hektar dengan jumlah penduduk 226 orang. Dari jumlah itu sejumlah penduduk diketahui belum memiliki dokumen kependudukan seperti KTP-el, KIA dan akta lahir.

Hingga Sabtu petang, Tim Jemput Bola Dukcapil berhasil melayani 69 warga Malahing, terdiri perekaman KTP-el 4 pemohon, pencetakan KTP-el 13 pemohon, perubahan data KK 11 pemohon, kartu identitas anak (KIA) sebanyak 18 pemohon, akta kelahiran 19, SKPWNI 2, serta mutasi ke Bontang dari luar wilayah: 2 pemohon.

Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi, memang mendorong jajaran Dinas Dukcapil untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan. “Terlebih menjelang Pemilu 2024, Disdukcapil secara keseluruhan di semua wilayah, termasuk di Kaltim, harus mampu menyajikan data yang valid,” kata Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi.

Demikian pula Mendagri Muhammad Tito Karnavian. Orang nomor satu di Kemendagri itu selalu berpesan kepada jajaran Dukcapil untuk terus melayani dengan maksimal kepada masyarakat dengan pelayanan adminduk yang memudahkan di manapun di seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *