Kepala BSKDN Kemendagri Ingatkan Jajarannya Perkuat Strategi Kebijakan Inovasi di 4 DOB Papua

Jakarta – Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo mengingatkan jajarannya untuk memperkuat strategi kebijakan dan inovasi di 4 Daerah Otonom Baru (DOB) di Papua meliputi Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya.

Hal itu disampaikannya saat memimpin Rapat Persiapan Kegiatan Pembinaan Strategi pada 4 DOB Terkait Inovasi Berbasis Potensi Daerah dan Kearifan Lokal di Ruang Video Conference Kantor BSKDN, Jakarta, Rabu (21/2/2024).

“Pembinaan strategis daerah prioritas 4 DOB di Papua tahun anggaran 2024 ini akan dilakukan dengan metode dan pendekatan yang berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Dengan demikian ekosistem inovasi di 4 DOB tersebut akan semakin kuat,” ungkap Yusharto.

Guna memaksimalkan pembinaan di 4 DOB tersebut, Yusharto mengatakan pihaknya siap berkolaborasi dengan kementerian/lembaga (K/L) yang memiliki tugas pokok dan fungsi serupa terkait pembinaan inovasi daerah. Dia menjelaskan, kolaborasi tersebut dapat memacu percepatan peningkatan ekosistem inovasi 4 DOB di Papua secara signifikan.

“Keterlibatan kementerian/lembaga terkait ini untuk memberikan masukan kepada kami (BSKDN) terkait pembinaan inovasi di 4 DOB Papua, sehingga pelaksanaannya nanti akan lebih maksimal dan berdampak bagi masyarakat setempat,” tambahnya.

Lebih lanjut Yusharto mengungkapkan, pembinaan inovasi di 4 DOB tersebut harus dilakukan sesuai dengan permasalahan yang dihadapi di wilayah masing-masing. Dengan demikian, pembinaan tersebut dapat menjadi langkah awal perubahan yang lebih baik, bukan saja untuk daerah yang dibina tetapi seluruh bangsa dan negara Indonesia.

“Pada dasarnya pembentukan 4 DOB ini merupakan salah satu upaya untuk mensejahterakan masyarakat Papua melalui penyelenggaraan urusan yang efektif, efisien, dan tepat sasaran,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Yusharto mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberi banyak saran terkait rencana pelaksanaan pembinaan. Dia meyakini melalui pembinaan yang sudah dirancang dengan baik, masyarakat di 4 DOB tersebut dapat semakin sejahtera kehidupannya.

“Marilah kita berkomitmen mewujudkan segala saran baik dari Bapak/Ibu dalam tindakan nyata di lapangan nantinya. Mari kita jadikan momentum ini sebagai titik awal perubahan yang lebih baik bagi bangsa dan negara kita tercinta,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *