Ketua DWP Kemendagri: Iduladha Momentum Meningkatkan Solidaritas Sosial

Jakarta – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyalurkan daging kurban kepada berbagai pihak. Dalam sambutannya, Ketua DWP Kemendagri Nani Suhajar Diantoro mengatakan, perayaan Iduladha merupakan momentum untuk menyatukan langkah dalam meningkatkan kegiatan sosial di masyarakat.

“Esensi ibadah kurban ini sangat perlu antarmanusia, sebab daging kurban diberikan kepada mustahik, yang merupakan bentuk kesetiakawanan sosial untuk semua yang ada di sini,” kata Nani dalam kegiatan peringatan Iduladha bertajuk “Dengan Qurban Membawa Keberkahan, Kebersamaan dan Mempererat Persaudaraan” di Aula Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (3/7/2023).

Pada momen Iduladha 1444 Hijriah, DWP Kemendagri ikut berkurban 1 ekor sapi seberat 400 kilogram dan 1 ekor kambing. Nani melanjutkan, DWP Kemendagri menyalurkan daging kurban khusus untuk guru dan tenaga pengajar TK Pertiwi, tenaga lepas di lingkungan IPDN, dan masyarakat terdekat. Ia pun berterima kasih kepada unit-unit terkait di Kemendagri dan seluruh jajaran pengurus DWP yang telah berpartisipasi dalam hari raya kurban tahun ini.

“Harapan kami dan setiap tahunnya alhamdulillah dari kita 1 ekor sapi, dan kambing, dari Setjen, dari Bina Adwil, dari Dukcapil, terima kasih kepada ibu-ibu ketua unit yang telah berkurban tahun ini, juga ada dari BPSDM,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan Peringatan Iduladha DWP Kemendagri Safriati Safrizal menjelaskan, pendistribusian daging ditujukan kepada guru dan tenaga pengajar di TK dan SD Pertiwi sebanyak 47 orang.

Selain itu, khusus di lingkungan IPDN diberikan kepada pegawai Tenaga Harian Lepas (THL) sebanyak 51 orang, cleaning service 18 orang, petugas taman 14 orang, pamdal 7 orang, yatim piatu 7 orang, dan pengemudi 25 orang.

“Kemarin kami telah melakukan penyembelihan hewan kurban, pada Minggu 2 Juli (2023) di Tapos Kabupaten Bogor dan untuk pendistribusian kami lakukan Senin, 3 Juli (2023) di Aula Kampus IPDN Jakarta,” pungkasnya.

Sebagai informasi, selain DWP Kemendagri, masing-masing DWP pada unit kerja eselon I di lingkungan Kemendagri juga menyalurkan hewan kurban. Misalnya, DWP Sekretariat Jenderal (Setjen) Kemendagri telah menyerahkan 3 ekor kambing kepada asrama yatim dan Rumah Tahfiz Cahaya Alam di Cibarusah, Bekasi; Masjid Rohmatul Ummah di Jatiwaringin, Pondokgede, Bekasi; dan Kompleks Depdagri Cileduk. Kemudian, DWP BPSDM juga telah menyerahkan 1 ekor sapi untuk TK Pertiwi VII di kantor BPSDM.

Lalu, DWP Ditjen Bina Adwil juga telah menyalurkan 50 paket sembako kepada guru dan penjaga TK Pertiwi III, serta kepada Panti Asuhan Al Mizan. Sedangkan DWP Ditjen Dukcapil menyerahkan 1 ekor sapi dan paket sembako untuk Pesantren Al Qomariah, Bogor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *