Layanan Weekend dan ADM Bikin Warga Ternate Mudah Akses Layanan Dukcapil

Ternate – Sibuk bekerja dan tidak ada waktu untuk datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) bukan lagi jadi alasan warga Ternate tidak punya KTP-el. Pasalnya, Dinas Dukcapil setempat hadir memberikan pelayanan pada hari Sabtu dan Minggu (weekend) di Taman Nukila.

Di kawasan taman yang ada di Kelurahan Gamalama ini juga tersedia mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). ADM bisa digunakan warga untuk mencetak sendiri dokumen kependudukan, seperti KTP-el, KK, dan akta kelahiran.

“Kami hadir makin dekat dengan warga untuk memberi kemudahan terutama bagi warga yang sibuk dan tidak punya waktu datang ke Dukcapil di hari kerja,” ucap Kepala Dinas Dukcapil Kota Ternate Rukmini A. Rahman saat mengunjungi lokasi layanan, Sabtu (1/4/2023).

Mesin ADM, lanjut Rukmini, merupakan hadiah dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada 2020. “Beberapa bulan ke depan, kami akan melihat bagaimana respons dan minat masyarakat. Jika dirasa perlu dan masyarakat antusias, maka wali kota akan berupaya akan menambah ADM,” sambungnya.

Sementara itu, seorang warga Ternate bernama Firda mengaku sangat terbantu dengan adanya layanan weekend. Ia juga sudah memiliki Identitas Kependudukan Digital (IKD) di smartphone-nya. “Menurut saya (IKD) bagus, terjamin (keamanannya) dan gampang untuk dibawa ke mana-mana,” kata Firda.

Sebagai rangkaian dari layanan weekend di Taman Nukila, Teguh Setyabudi yang dilantik oleh Mendagri Tito Karnavian sebagai Dirjen Dukcapil Kemendagri menggantikan Zudan Arif Fakrulloh dijadwalkan hadir bersama Sekretaris Ditjen Dukcapil Hani Syopiar Rustam dan Direktur Pendaftaran Penduduk David Yama.

Selain melihat langsung pelayanan, Dirjen Teguh juga akan menyerahkan dokumen kependudukan secara simbolis kepada warga, dan me-launching kartu anggota Ikatan Alumni SMPN 4 Ternate yang menggunakan NIK sebagai nomor anggota. Teguh juga akan menyerahkan blangko KTP-el kepada Kepala Dinas Dukcapil provinsi yang nantinya didistribusikan untuk pelayanan di kabupaten/kota.

Kunjungan Dirjen Dukcapil dan layanan akhir pekan ini merupakan rangkaian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Pasca Sail Tidore 2022 lalu. Puncak acara yang difasilitasi oleh Ditjen Bina Pembangunan Daerah (Bangda) ini akan berlangsung di Kantor Wali Kota Tidore Kepulauan, Senin (3/4/2023). Dinas Dukcapil Tidore Kepulauan juga akan membuka layanan Adminduk dan aktivasi IKD bagi warga setempat.

Sebagai informasi, lima bulan lalu, tepatnya November 2022, Sail Tidore 2022 digelar meriah di Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara. Ajang internasional tahunan tersebut untuk memperkenalkan kekayaan bahari Nusantara yang melibatkan banyak pihak, baik pemerintah pusat, daerah, swasta, hingga sejumlah negara sahabat. Sail Tidore 2022 juga merupakan ajang untuk mendorong percepatan pembangunan ekonomi serta mempromosikan potensi Tidore kepada investor dan wisatawan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *