Dirjen Bina Pemdes Terima Audiensi BPI Kemendes Bahas Kerjasama Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pembangunan Desa

Jakarta – Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Eko Prasetyanto Purnomo Putro menerima audiensi Kepala Badan Pengembangan dan Informasi (BPI) Kemendes PDTT Ivanovich Agusta bahas pelaksanaan kerjasama penyelenggaraan pemerintahan, dan pembangunan desa di Ruang Nawasena, Ditjen Bina Pemdes Kemendagri, Rabu, 3 Mei 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Dirjen Bina Pemdes Eko Prasetyanto mendukung usulan kerjasama pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa.

“Di antaranya ada beberapa usulan dari Kemendes seperti pembuatan serial video pelatihan, SDGS, dan webinar, juga termasuk integrasi data aplikasi antar lembaga untuk menyatukan persepsi dalam membangun desa,” ungkap Eko.

Selain dari beberapa aspek di atas terdapat beberapa hal tambahan terkait kebijakan satu peta dan satu data, pembuatan modul secara bersama, integrasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dan SDGS terkait pengelolaan keuangan desa, pelatihan dan lelang program P3PD yang saling melibatkan, pengaturan tata ruang dan wilayah pedesaan serta saling mengontrol tugas dan fungsi masing-masing secara bersama-sama.

“Dari hasil audiensi ini kita mendapatkan banyak usulan untuk bahan kerjasama, pertama untuk pelatihan dapat saling berintegrasi dalam hal substansi Materi, webinar secara bersama-sama yang akan di atur secara teknis pelaksanaanya,” ujar Eko.

Sementara itu, Kepala BPI Kemendes Ivanovich Agusta, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dirjen Bina Pemdes beserta jajarannya atas penerimaan kunjungan yang dilakukan hari ini, sehingga koordinasi terkait kerjasama berjalan baik dan lancar dalam upaya mendukung langkah koordinasi Kemendagri dan Kemendes dalam hal pembangunan desa dan tata ruang wilayah desa.

Rapat koordinasi tersebut berlangsung lancar dan kondusif, turut mendampingi pejabat lingkup Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintah Desa (Pemdes),
Sekretaris Ditjen Bina Pemdes Paudah, Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa Matheos Tan, Direktur Evaluasi Perkembangan Desa Mohammad Noval serta para pejabat terkait.

Kemudian hadir Sekretaris BPI Kemendes Fince Decima Hasibuan, Kapus Penyusunan Keterpaduan Rencana BPI Kemendes, Laode Muhajirin, Kapus Datin Kemendes Theresia Junidar, dan Kapus Pengembangan dan Daya Saing Kemendes Helmiati serta para pejabat terkait.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *