Apresiasi Program e-PINTAR Milik Tanoto Foundation, Kepala BSKDN Harap Dikembangkan untuk Tingkatkan Kompetensi Kepala Daerah

Jakarta – Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo mengapresiasi program e-PINTAR milik Tanoto Foundation. Program ini merupakan pelatihan interaktif berbasis Learning Management System (LMS) untuk meningkatkan kompetensi pendidik.

Yusharto berharap, program tersebut dapat dikembangkan untuk meningkatkan kompetensi kepala daerah, sehingga kualitas kepemimpinannya menjadi lebih baik.

“Mungkin saja kita bisa desain program yang memang benar-benar appropriate untuk bupati/wali kota, yang tidak mesti mereka datang ke tempat pelatihan misalnya dengan menggunakan e-PINTAR, tetapi untuk bupati/wali kota begitu. Ini barangkali sejalan dengan instrumen Indeks Kepemimpinan Kepala Daerah (IPKD) yang kita kembangkan,” ungkap Yusharto saat rapat bersama Tanoto Foundation di Kantor BSKDN, pada 27 April 2023.

Sejalan dengan itu, Head of External Affairs Tanoto Foundation Franky Malonda mengungkapkan, program e-PINTAR berfokus pada peningkatan kemampuan pedagogi dan profesionalisme tenaga pendidik baik itu guru maupun kepala sekolah. Tidak hanya itu, dalam e-PINTAR inovasi pendidikan juga sangat diperhatikan sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran untuk melahirkan generasi penerus bangsa yang lebih baik.

“E-PINTAR khususnya pendidikan dasar yang fokusnya terhadap peningkatan kualitas guru, kepala sekolah, inovasi dan pendidikan dan keterlibatan orang tua yang sangat penting dalam pendidikan dasar yang 6-19,” jalasnya.

Sementara itu, terkait kerja sama dengan BSKDN, Franky mengatakan kolaborasi program memang sangat diperlukan. Hal ini terutama yang berkaitan dengan tiga pilar penting yang dimiliki Tanoto Foundation satu di antaranya mengenai e-PINTAR. Franky mengaku, dalam setiap kerja sama pihaknya sangat memperhatikan dampak yang dihasilkan dari kegiatan tersebut.

“Kita fokus kepada hasil Pak (Kepala BSKDN), bahasa kami di filantropi itu dampak, jadi di mana pun intervensi kita prioritinya adalah dampaknya, terutama dari sisi pendampingan (terhadap daerah),” teranngya.

Dalam kesempatan itu, Goverment and Planning LEAD Tanoto Foundation Marryen Silalahi menjelaskan lebih lanjut mengenai program e-PINTAR yang bersifat fleksibel dan dapat diakses secara mandiri dan gratis. Hingga saat ini, kata Marryen, e-PINTAR telah bermitra dengan 28 provinsi di Indonesia.

“Jadi e-PINTAR juga merupakan inovasi dari pada Tanoto Foundation yang sudah ada di 28 provinsi, ada PKS (Perjanjian Kerja Sama) dan MoU (Memorandum of Understanding) nya dengan Pemda. Tetapi e-PINTAR ini dapat diakses diseluruh provinsi, dan datanya kami bisa diakses lebih dari 11.722 pendidik,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *