Dirjen Bina Adwil terima Wagub Sumbar dan Kasatpol PP dan Damkarmat Se-Sumbar

Jakarta – Dalam rangka rencana penyelenggaraan HUT Satpol PP dan Damkar Nasional di Provinsi Sumatera Barat Tahun 2024 mendatang, Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Safrizal ZA, terima kunjungan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audi Joinaldy, serta Kepala Satuan (Kasat) Pol PP dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumatera Barat, pada 20 Maret di Gedung H Ditjen Bina Adwil, Jakarta.

Safrizal membuka kesempatan bagi daerah yang ingin menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan HUT Pol PP dan Damkar 2024. “Rencana pengajuan kegiatan HUT Pol PP dan Damkar diterima kesiapannya dengan memperhatikan konsensus pada Rakornas tahun ini, dan nantinya akan ditindaklanjuti oleh Direktorat Pol PP dan Linmas di bawah Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan,” ujar Safrizal.

Wagub Sumbar hadir menyampaikan gambaran umum kondisi Satpol PP dan Damkar se-Provinsi Sumatera Barat, dari 19 Kab/Kota, 15 Kab/Kota kelembagaannya Satpol PP dan Damkar digabung dalam satu OPD, sedangkan 4 Kab/Kota sudah dipisah pada OPD masing-masing yaitu di Kota Padang, Kab. 50 Kota, Kota Bukittinggi dan Kota Solok.

“Program unggulan 2023 kami diantaranya persiapan pengamanan Pemilu dan Pilkada 2024, mendukung kegiatan “Visit Beautiful West Sumatera 2023”, pemberdayaan masyarakat untuk menjaga Trantibumlimmas, serta program penanganan tanggap darurat,” ungkap Audi.

Sementara, Wagub Sumbar juga menekankan rencana kegiatan unggulan di tahun 2024, diantaranya penyelenggaraan HUT Satpol PP dan Satlinmas tingkat nasional tahun 2024 di Provinsi Sumatera Barat, serta mengusulkan pelaksanaan HUT Damkar tingkat nasional digabung dengan HUT Satpol PP dan Satlinmas yang dipusatkan di Provinsi Sumatera Barat.

“Kami terus dukung pengembangan inovasi daerah yang beriringan dengan komitmen Kepala Daerah untuk menyelenggarakan urusan trantibumlinmas sebagai urusan wajib pelayanan dasar, termasuk agenda tahunan peringatan HUT Satpol PP, Damkarmat dan Satlinmas” tegas Safrizal.

Mengemuka pula upaya untuk terus mendorong pembentukan Relawan Pemadam Kebakaran _(Redkar)_ untuk mengisi kekurangan tenaga satdamkarmat dan untuk memberikan wadah kepada partisipasi dan pemberdayaan masyarakat

“Kami harap komitmen Pemprov Sumatera Barat beserta seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota se Sumbar, dapat terus memenuhi dan mengembangkan sumber daya manusia maupun sarana dan prasarana dasar bagi jajaran Satpol PP, Damkarmat dan Satlinmas” tutup Safrizal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *