Ciptakan Iklim Kompetitif, Mendagri Minta Pemda Laporkan Inovasi Daerah

Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta pemerintah daerah (Pemda) melaporkan inovasinya agar tercipta iklim kompetitif. Pasalnya, saat ini masih ada Pemda yang terdata belum melaporkan inovasinya kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pesan tersebut disampaikan Mendagri saat memberi arahan pada Penganugerahan Innovative Government Award (IGA) 2022 yang dilaksanakan di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat pada Jumat, 23 Desember 2022.

Dalam arahannya, Mendagri mengungkapkan inovasi merupakan unsur penting dalam mendukung perubahan. Menurutnya, tidak ada komunitas, negara, bangsa maupun masyarakat yang mampu maju tanpa adanya inovasi termasuk kreativitas ataupun berbagai terobosan.

“Persaingan kompetitif antar bangsa negara semakin ketat, apalagi dengan lahirnya teknologi informasi yang membuat terjadinya revolusi di semua urusan manusia. Nah ini negara kita juga ingin _survive_, untuk bisa _survive_ kita harus berinovasi,” ungkap Mendagri

Mendagri berharap pelaksanaan IGA 2022 bisa menjadi pemacu bagi daerah untuk meningkatkan inovasinya. Terlebih bagi daerah-daerah yang saat ini tercatat belum melaporkan inovasinya kepada pemerintah pusat.

“Kita berharap dengan adanya inovasi-inovasi ini apalagi diberikan _reward_ dapat membuat daerah termotivasi lebih dalam dan lebih tinggi lagi,” tambah Mendagri.

Mendagri juga mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada daerah-daerah yang mendapat penghargaan IGA 2022. Dia mengatakan, penghargaan tersebut diberikan atas kerja keras yang luar biasa dari setiap daerah di Indonesia. Usaha tersebut patut dihargai. Mendagri juga berpesan kepada daerah yang belum mendapatkan penghargaan agar terus termotivasi meningkatkan inovasi di daerahnya.

“Selamat kepada rekan-rekan yang mendapatkan _award_, berkat kerja keras yang luar baisa, kita perlu hargai dan bagi yang belum beruntung mendapatkan penghargaan, bisa menjadikan acara ini sebagai motivasi Bapak/Ibu sekalian,” pungkas Mendagri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *